2

Komputer Anda Lola? Yuk perbaiki performanya dengan tips berikut.

Mau buka jendela aplikasi baru dikomputer rasanya lamaaaaaaa sekali, entah itu browser, ms word, atau windows explorer sekalipun. Apakah anda sampai ke blog ini karena mengalami hal serupa? Inilah yang sejak sebulan ini saya rasakan terjadi pada laptop saya. Dan setelah ulak ulik beberapa kali, Alhamdulillah laptop saya sekarang sudah wuss wusss, cepat membuka aplikasi seperti baru lagi 😄. 

Saya dapatkan ilmu ini dari teman satu kos saya dulu. Dia kuliah di jurusan Sistem Informasi, yang otomatis pegangannya komputer setiap hari. Kalau kata orang sekarang, ahlinya ahli, intinya inti. 😆Ya sudah langsung saja menuju ke tips nya ya. 

Disk Cleanup

Disk Cleanup ini fungsinya untuk membersihkan cache dan file yang sudah anda delete tapi masih ada di 'trash bin' (a.k.a belum di delete permanen yang artinya masih menjadi tanggungan memori si komputer).

1. Klik tombol home (logo windows yang ada di pojok kiri bawah layar komputer)

sumber: dok. pribadi

2. Lalu tanpa klik apa-apa lagi, langsung ketikkan "disk cleanup". Nanti akan muncul aplikasi yang dimaksud. Klik gambar aplikasi tersebut. 

sumber: dok. pribadi

3. Setelah itu akan muncul jendela drive selection. Disini kita bisa memilih drive mana yang akan kita bersihkan (klik tombol drop down seperti ditunjuk pada gambar). Saran saya kita bersihkan semua untuk mendapatkan performa komputer yang lebih baik. Ibaratnya semakin banyak yang kita 'sapu', semakin enteng komputer bekerja. Namun dalam satu kali proses, kita hanya bisa memilih satu drive untuk dibersihkan. Jadi kita lakukan satu per satu ya. Kali ini saya akan membersihkan drive C: terlebih dahulu.

sumber: dok. pribadi

4.   Setelah kita pilih drive mana yang akan dibersihkan, klik tombol "OK". Komputer akan menghitung cache kamu. Kadang kalau 'debu'nya lumayan banyak (karena jarang dibersihkan), proses ini akan lumayan lama. Bisa sekitar 3-5 menit. Ditunggu saja ya 😃

sumber: dok. pribadi


5. Selanjutnya akan muncul jendela baru. Kalau dilihat, ternyata drive C: saya memiliki 'debu' sampai 3 GB lebih. Lumayan besar ya. Bisa jadi ini merupakan salah satu faktor yang membuat komputer saya lemot. Harus segera dibasmi 😆. Caranya, klik kotak putih pada 'debu' mana yang mau anda bersihkan. Kalau saya biasanya saya centang semua. Tapi pilihan kembali ke diri anda masing-masing ya.

sumber: dok. pribadi

6. Setelah itu klik OK dan pilih "Delete files" pada jendela yang keluar berikutnya dan biarkan komputer mengerjakan tugasnya.💅

7. Kembali ke halaman desktop dan klik kanan dilayar, pilih "refresh". Lakukan satu kali cukup. Atau kalau mau lebih yakin, refresh beberapa kali juga tidak masalah.

8. Lakukan langkah 1 - 7 untuk drive lain, sampai semua drive sudah kita bersihkan.

7. dan Selesaiiiiiiiii 😆.  

Coba sekarang gunakan komputer anda seperti biasa. Apakah performanya sudah lebih baik? Alhamdulillah 😊

 

Jika mau bertanya lebih lanjut, jangan sungkan ketikkan dikolom komentar ya. Mohon kritik dan sarannya ya. Terimakasih telah mampir di blog saya. See you on my next post 😄

2 komen:

Azali said...

Terima kasih sharingnya, kak. Sangat membantu sekali. Sukses terus yaa

Liliek said...

Aamiin. Terimakasih juga sudah mampir. Bisa cek artikel kami lainnya ya. Semoga bermanfaat :)

Post a Comment

Back to Top