0

Puisi Berantai _ ANTARA PECINTA, PEJUANG DAN PENJUAL TELUR

Saya pertama kali benar-benar menyimak puisi ketika saya bertemu dengan si puisi berantai. Ketika teman-teman saya memperagakannya sebagai ajang tampil bakat antar sekolah. Satu hal yang sangat saya ingat, saya tertawa terpingkal-pingkal dibuatnya. 3 orang siswa dengan masing-masing peran membacakan puisi nya sahut menyahut, langsung tanpa jeda, seakan-akan itu satu runtutan puisi. Padahal dalam adegan itu ada 3 puisi yang dibacakan. Beberapa tahun kemudian, saya penasaran dan mencoba menjejak keberadaan teks tertulisnya di internet. Dan inilah hasil nya. Mari menikmatinya bersama-sama ^_^

ANTARA PECINTA, PEJUANG DAN PENJUAL TELUR

Pecinta : Saya akan membacakan puisi berjudul “BUNGA HATIKU BUNGA HATIMU” untuk gadisku yang manis.

Pejuang : Aku akan membacakan puisi perjuangan berjudul “LEBIH BAIK MERDEKA DARI PADA TIDAK MERDEKA”.
Penjual : Dan saya akan membacakan puisi nasib penjual telur berjudul “AKU PENJUAL TELUR” buat adikku yang suka makan telur.

Pecinta : Saat bulan purnama menerangi alam
 Kau datang padaku sambil tersenyum manja
 Ku lihat samar-samar wajahmu tertimpa cahaya rembulan
 Begitu cantiknya bagaikan ………………………
Pejuang : Granat dan mortir berdesingan membakar perkampungan
 Tak pernah kukenal istilah takut
 Walaupun lawan banyaknya seribu kali
 Pedang di kanan belati di kiri, berselimpang ……………………….
Penjual : Telur mas telur ….!
 Kubawa keliling kampung setiap hari,demi sesuap nasi.
 Telur merupakan bagian dalam hidupku,semua kujual
 Telur ayam, telur bebek, maupun telur …………..

Pecinta : Nikita Willy
 Kau tersenyum padaku, dan
 Akupun tersenyum padamu, tanda cintaku kian meraju
 Malam itu,perlahan kau dekatkan bibirmu ke telingaku
 Seraya berbisik ………….
Pejuang : Merdeka…!
 Seluruh rakyat Indonesia harus meneriakkan kata
 MERDEKA….!
 Sekali lagi rakyat Indonesia harus meneriakkan kata ………….
Penjual : Teluuuuuur…..teluuuuuur…..!
 Begitu aku menjajakan telur setiap hari
 Hujan dan panas tak menjadi rintangan
 Satu-satu telur kuelus sambil berkata lirih, ayamku …………..

Pecinta : Aku cinta padamu sayang….!
 Hatiku berbunga, kubelai rambutnya yang hitam
 Perlahan, kudekatkan bibirku ke ………….
Pejuang : Teng berlapis baja milik Belanda
 Harus kita hancurkan
 Terlalu lama kita dijajah
 Terlalu lama kita disiksa
 Mulai detik ini aku harus …………..
Penjual : Bertelur sebanyak-banyaknya
 Kau telah berjasa
 Kadang kuperiksa ayam-ayamku
 Aku ingin mengetahui bagaimana telur dapat keluar
 Kuperhatikan ayamku dengan seksama, dan ……………

Pecinta : Kupeluk dengan mesra
 Kau mendesah dalam pelukanku
 Kurapatkan erat-erat tubuhku ketubuhmu
 Kemudian tubuhmu ……………………
Pejuang : Didorong oleh seluruh rakyat Indonesia
 Dengan semangat perjuangan yang membara
 Aku berada di barisan paling depan
 Dengan senapan di tangan semua musuh kutembak ………………..
Penjual : Plung…… plung……
 Keluar telurnya
 Kuambil satu per satu dan kusimpan di ……………………

Pecinta : Matamu…
 Terpejam dan nafasmu mendesah
 Kau peluk juga aku dengan mesra
 Ternyata kita sama-sama ingin saling …………….
Pejuang : Membunuh…
 Mereka yang menyerang dari jauh
 Majuuuuuu…! Seraaaaaang…!
 Aku berteriak sambil mengangkat tinggi-tinggi ……………………
Penjual : Telurku…
 Sekarang aku dalam keadaan sedih
 Merenungi nasib ayamku yang sedang ………………..

Pecinta : Dimabuk cinta…
 Kita sama-sama menangis bahagia
 Matamu perlahan kubersihkan dengan ………………
Pejuang : Senapan mesin yang panas…
 Sepanas darahku
 Kembali kusambut serangan yang datang
 Dengan peluru-peluru yang sudah ……………….
Penjual : Membusuk…
 Tidak laku dijual lagi
 Oh telurku……. Oh ayamku…………..

Pecinta : Sayang…
 Tidak perlu disesalkan
 Tataplah mataku kembali dan kau……………….
Pejuang : Terjang lalu hancurkan…………………..
Penjual : Telurku……… telurku……………….

Pecinta : Akan kudekatkan padamu
 Tenanglah… diamlah…
 Aku akan…………………….
Pejuang : Merobek-robek terus
 Lemparkan semua yang kita punya
 Sambil mengucapkan………………
Penjual : Teluuuuuuuur……… teluuuuuuuur……………

Pecinta : Sayangku…………………
Pejuang : Kutusuk kau sampai mati !
 Aku masih punya banyak …………………..
Penjual : Telur dan ayamku…………………..

Pecinta : Aku cinta padamu sayang……………….
Pejuang : Sampai darah penghabisan hingga akhirnya…………………
Penjual : Bertelur lagi
 Dan telur ayamku adalah telur ……………………….

Pecinta : Kasihku ,kita kan selalu bersama …………….
Pejuang : Berjuang selamanya untuk ber…………………
Penjual : Teluuuuur…… teluuuuur……… begitu aku menjajakannya setiap hari

0 komen:

Post a Comment

Back to Top