0

ILMU vs HARTA

beberapa waktu lalu gw sempet dengerin radio yang mbahas keutamaan ilmu dibanding harta... dari awal acara gw udah tertarik, cocok lah buat bentuk-bentuk mahasiswa kaya gw ne wat ningkatin motivasi belajarnya... si narasumber bilang ada 40-an poin keutamaan si ilmu dibanding harta, cuman gara-gara alokasi wat acara ntu dikit aja, yang kesampein cuman 10 poin...penasaran, gw googling aja sisanya. sesi dibawah ne hasil searching-an gw dari internet, tapi masie blon lengkap juga... lumayan lah ketimbang ndak sama sekali. cekidot langsung aja... ^_^

-->
1. Ilmu adalah warisan para nabi, sedangkan harta adalah warisan para raja dan orang-orang kaya.

2. Ilmu selalu menjaga pemiliknya, sedangkan pemilik harta harus selalu menjaga hartanya.


3. Ilmu berkembang bila dibagikan, tidak akan binasa, sedangkan harta akan habis bila dibelanjakan,habis karena masa dan usia.



4. Jika meninggal dunia pemilik ilmu akan ditemani ilmunya didalam kubur, sedangkan pemilik harta akan berpisah dengan hartanya. 


5. Ilmu bisa menguasai harta, sedangkan harta tidak bisa menguasasi ilmu.


6. Ilmu dibutuhkan para raja (penguasa) dan bawahannya, sedangkan harta hanya dibutuhkan oleh orang yang tidak punya dan papa.


7. Harta bisa diperoleh oleh orang mukmin dan orangkafir, baik maupun jahat, sedangkan ilmu yang bermanfaat hanya bisa diperoleh oleh orang mukmin.


8. Jiwa akan berkembang dengan mengumpulkan ilmu dan menjadi mulia dengan memperoleh ilmu, sedangkan keasyikan mengumpulkan harta dan kerakusan terhadapnya akan membuat jiwa merasa kurang , kikir dan pelit. Kerakusan jiwa terhadap ilmu adalah kesempurnaan hakiki. Sedangkan kerakusan terhadap harta adalah kekurangan yang sejati.


9. Harta menyeret pada kesewenang-wenangan, kebanggaan dan kesombongan, sedangkan ilmu mengajak kepada kerendahan hati dan menunaikan kewajiban ibadah.


10. Mencintai dan mencari ilmu adalah pangkal dari segala ketaatan, sedangkan mencintai dan mencari harta adalah pangkal segala keburukan.


11. Pemilik harta akan dipuji bila ia mengeluarkannya, sedangkan pemilik ilmu akan dipuji bila ia memakainya dan menyandangnya.


12. Orang yang kaya harta pasti akan berpisah dengan hartanya dan akan tersiksa dengan perpisahan tersebut. Sedangkan orang yang kaya ilmu tidak akan berpisah dengan kekayaannya (baca:ilmunya) dan tidak akan merasa tersiksa. Karena kenikmatan yang dirasakan oleh orang yang kaya harta adalah kenikmatan sementara dan akan berakhir dengan derita. Sedangkan kenikmatan yang dirasakan oleh orang yang kaya ilmu adalah kenikmatan abadi yang tidak akan diikuti dengan penderitaan.


13. karena orang berilmu banyak sahabatnya, sedangkan orang yang banyak harta lebih banyak musuhnya

14. ilmu tidak dapat dicuri, sedangkah harta benda mudah dicuri dan dapat lenyap


15. ilmu tidak ada batasnya, sedangkan harta benda ada batasnya dan dapat dihitung jumlahnya


 “…niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat…” (QS. Al-Mujaadilah: 11 )


Disarikan sebagian dari:
Kitab “Miftahu Daaris Sa’adah“ karangan Al-Allamah Ibnul Qoyyim
Kisah sahabat Ali bin Abi Thalib Ra. ketika ditanya 10 pertanyaan “manakah yang lebih mulia, ilmu pengetahuan atau harta benda? ”oleh kaum Khawarij.


0 komen:

Post a Comment

Back to Top