0

teringat masa kecil ku (part I)

Hmm kalo cerita masa kecil, aku jadi semangat ’89. Terhitung TK hingga 5 SD, aku ngabisin waktu kecil di pinggiran kota Jakarta. Ku bilang pinggiran coz lingkungan kami benar2 areal penduduk tanpa dampingan gedung pencakar langit seperti dibelahan Jakarta lainnya. Bahkan saking “pinggirnya”, radius sekian meter tidak ada mall terdekat yang bertengger.isi dompet serasa tentrem sentosa hehe.
Namanya juga anak kecil. Every day is a dolan day. Istilahnya sekolah Cuma buat selingan aja. Bayangin aja, skolah cuman dari jam 7 sampe jam 12, senin sampai sabtu. Kalo kata dosen ku, ntu jam bukanya sekolahan, kalo kegiatan sekolahnya sendiri ga tahu berapa lama. Hehe. Kadang
tidak 100% belajar, karena waktu istirahat juga dipakai buat main. Dan mainan yang paling gampang dilakuin di skola-an adalah kejar-kejaran. Bahkan ada adegan kejar-kejaran dimana si pengejar membawa-bawa sapu siap menimpuk n si terkejar (saking ga ada lahan lari) memutuskan untuk lari-lari diatas meja kelas. Anak-anak yang menonton pun ga pengen nganggur gitu aja, mereka klotekan meja menyemangati atlit lari dadakan itu.
Selebihnya jam skola, alias jam 12 sampai jam 9 malem, senin sampai senin lagi di isi dengan main! Haha. Karena durasi-nya yang lama itu, kadang anak-anak bosen sama mainan yang itu-itu aja. Akhirnya tak jarang muncul mainan-mainan baru. Top three dari mainan yang menjadi favorit+masih ku inget sampai sekarang bakal kita kuliti satu-satu. Ayuuukkkk….!!!
1.       ta-jongkok-badut.
Mungkin ada yang belum tahu atau ada yang sudah, bahkan ahlinya mainan ini. Kalo ta-jongkok biasa, yang pemain biasa berusaha sebisa mungkin biar ga kena sama yang jaga. Caranya, kalo yang jaga udah hampir ngenain kita, kita langsung jongkok, dan penjaga bakal ngejar pemain lain yang masih lari bebas berkeliaran. Tugas pemain yang berkeliaran adalah menepuk yang jongkok biar dia jadi pemain bebas lagi n bisa bantu temen yang masih jongkok lainnya.
Nah kalo ta-jongkok-badut ini, cara menghindarnya bukan jongkok tapi jadi patung. Kalo misal si patung bergerak, dia bakal jadi yang jaga. Ini lebih banyak godaannya. Kadang yang jaga tu berusaha ngelucu biar patung tu ketawa n jadi penjaga. Atau yang lebih ga lagi, si patung kecapean gara-gara jadi patung cukup lama dengan posisi tidak Pe-We dan akhirnya gerak.
Pernah suatu ketika yang jaga tu jago lari. Waktu itu semua pemain lain dah pada jongkok dan tinggal aku sendiri yang bebas. Yang jelas si penjaga ga akan ngebiarin aku bebasin para jongkok-ers. Alhasil mangsa tinggal aku sendiri dan aku dikejar sampe ujung jalan…hwaaaa….udah mana dia larinya kenceng banget…asli! Aku kaya maling dikejar polisi. Dia bernafsu menjadikan ku penggantinya (penjaga-red) dan aku sama sekali tidak mau menyerah begitu saja. Awalnya kami ngotot-ngototan, lama-lama tenaga ku duluan yang terkuras.  Lari ku memelan, dan pukk…kena lah aku…hwaaa…nyerah deh, capek banget dikejar sejauh itu.
NB: dalam permainan ada istilahnya anak bawang. Tu anak kalo pun dikenain berkali-kali sama penjaga tetep ga jaga coz punya otoritas khusus sebagai anak bawang. Haha, nyebelin kan. Tapi kasian daripada ga boleh ikut main malah nangis ke ortunya. Hoho.
22. betengan.
Yang ini ga kalah seru. Dan pastinya udah banyak yang tahu juga ^_^. Dua tiang agak berjauhan menjadi benteng dari masing-masing kelompok. Tiap anggota kelompok berusaha sebisa mungkin untuk menguasai benteng lawan dengan cara menyentuhnya. Tapi ga semudah kedengarannya, coz team-work sangat diperluin disini. Paling seru kalo di benteng lawan tinggal sisa satu orang, coz anggota benteng lainnya sudah ketangkep dan ditawan. Keroyokan pun terjadi. Layaknya rusa yang terpisah dari gerombolannya n dikelilingi serigala-serigala kelaparan. Hehe. Tapi ada satu kekuatan yang bisa si single fighter itu pake.
Aturannya siapa yang paling barusan memegang benteng dia disebut prajurit muda. Dan analoginya prajurit muda bakal lebih kuat dari prajurit tua (anggota yang sudah lama meninggalkan benteng). Jadi gampang buat nakut-nakutin si penyerang coz otomatis si single fighter itu bakal “awet-muda”, ya iyalah di benteng terus. Anggota lawan pun berstrategi, masa sama bocah satu biji aja kalah. Hehe. Akhirnya mereka menjebak single fighter buat ngejar salah satu serigala. Kalo dia terjebak, benteng tak ada lagi yang menjaga dan sisa serigala lain dapat mengangkangi benteng dengan leluasa. Haha. Berhasillll….
333. Buaya-buayaan.
Klo yang ini adalah mainan invent yang didunia ini Cuma kami satu-satunya yang punya. Dibutuhkan areal khusus yang mumpuni buat main buaya-buayaan a.k.a teras rumah ku. 
Cara mainnya sederhana saja. Satu orang berperan menjadi buaya dan lainnya manusia biasa. Tugas buaya adalah mengenai satu manusia dan otomatis keduanya akan bertukar peran. Susah-susah-gampang jadi buaya. Dia harus ngenain orang yang “safe zone” nya bikin manusia sulit dijangkau. Safe zone itu adalah lantai merah-putih dan pohon. Tapi untuk beberapa kasus, gampang aja ngenain pemain yang larinya kurang kenceng atau pas lagi lengah. Yang paling sport jantung ya manusianya. Pas dia harus pindah dari pohon ke lantai merah-putih, harus ngelewati jembatan abu-abu. Disitu zona yang paling rawan kena buaya. Hehe.
Ketiga mainan diatas murni tanpa syarat peralatan tertentu. Semuanya tinggal cap cus. Beda sama anak jaman sekarang (kayaknya) yang maenannya butuh modal ga sedikit. Macem PS lah, komputer lah, ini lah dan itu lah. Bahkan karena dulu belom ada HP, kalo mau main ya kita nyamperin temen satu-satu kerumahnya…”Liliek…main yuuukkk….” Teriak mereka –setiap hari- dari depan pagar rumah ku. Satu-satu kita datengin rumah temen untuk mengumpulkan bala tentara main hehe. itung-itung sekalian silaturahim, biar tahu semua rumah temen. Tul ga? Huhu, jadi pengen main kaya dulu lagi…tapi tugas kuliah-nya dikemanain bu..he…

0 komen:

Post a Comment

Back to Top