2

bermain bersama TOEFL :D

dari sekali test TOEFL yang pernah saya ikuti kemarin, sekilas tertangkap kesan bahwa kemampuan yang benar-benar dibutuhkan adalah penguasaan vocab yang mumpuni. dari ke-tiga section: listening, grammar, reading, saya simpulkan bahwa kesemuanya hanyalah permainan vocab

listening section_pertanyaan yang muncul tiap selesai conversation atau explanation bukanlah pertanyaan ekstrinsik, melainkan pertanyaan instrinsik. banyak jebakan dari jenis pertanyaan ini terutama bagi yang kurang mampun mendengarkan conversation dengan seksama. intinya adalah vocab. misal ada contoh conversation:

student: Mr. Cornwell, can I have your time to consult my assignment?
Mr. Cornwell: please go on.
soal: apa maksud pernyataan Mr. Cornwell

mungkin contoh diatas termasuk sederhana dan kecenderungan dianggap remeh. tapi kalau tidak mendengarkan secara menyeluruh, maka kalimat "go on" akan terdengar
"go"...dan peserta test pun akan menganggap Mr.Cornwell tidak bersedia diajak bimbingan oleh si student. jika sedikit saja memainkan vocab, maka "go on" dalam konteks percakapan ini artinya "silahkan", bukan "pergilah"... ok, contoh sederhana saja...

grammar section_well, saya paling lemah dalam kasus grammar. saya tipe orang yang tidak suka dikekang berbagai aturan: setelah "has" harus Verb-3 lah...dkk dll. salah satu andalan ku mengerjakan section ini adalah dengan memainkan vocab dan arti phrase+dibumbui sedikit insting. ketika membaca sebuah soal yang biasanya berbentuk kalimat, pertama saya akan cek insting saya. kalau "rasa"nya kalimat ini tidak ada masalah, boleh lah lanjut ke pengecekan aturan grammar ala kadarnya (sekedar untuk memastikan). tapi kalo insting ku bilang ada kalimat itu "rasa"nya aneh, saya lihat letak anehnya. disitulah saya bermain vocab.

reading section_saran: ga usah dibaca semua paragraf dalam tulisan itu. kecuali anda memang mau menghabiskan waktu karena bingung mau ngerjain apa lagi (he). baca langsung soalnya. mentok-mentok kalau nemu soal arti kata dalam konteks kalimat disitu (biasanya), maka bacalah beberapa kalimat sebelum dan sesudah "kata-soal" tadi. sampai anda menemukan kesinambungan arti kata dan bohlam-ide-jawaban anda menyala terang.

TIPS "bermain-dengan-vocab"
untuk melatih listening, biasanya saya iseng mendengarkan lagu western sembari mengetikkan lyric nya. tuliskan sedengarnya saja, tak apa. kalau memang belum jelas bisa di-repeat. nanti kalau sudah puas, bisa dibandingkan dengan lyric asli yang diperoleh dari internet. cari deh kesalahan mu dimana.
ato bisa juga main-menerjemahkan-subtitle. untuk permainan yang ini saya sarankan anda menerjemahkan subtitle dari film animasi. karena dialog nya tidak terlalu cepat jadi lebih santai dan jelas listening-nya.
mungkin kelihatannya seperti kurang kerjaan atau gimana.... but trust me, it's really work on me!

intinya jangan dijadikan beban....sooo...selamat bermain  ^_^

2 komen:

Anonymous said...

i like it :D

liek said...

lets play ^_^

Post a Comment

Back to Top