0

Apa yang akan kau lakukan dengan uang 1M ditangan ?

Pertanyaan itu muncul ketika saya dan 50(an) mahasiswa lainnya mengikuti kuliah tamu "Pengantar Technopreneurship" Jum'at kemarin di lantai 2 perpus pusat ITS. Pembicara adalah alumni jurusan Teknik Kimia yang sekarang berkecimpung di PT People Development. Bidang yang sarat dengan hubungan manusia-manusia, motivasi internal eksternal dan lain sebagainya.

Pada pertengahan kuliah beliau menantang mahasiswa untuk dapat berpikir cepat dan diluar batas. Beliau memberikan waktu 15 menit bagi kami mahasiswa untuk menuliskan sebanyak-banyaknya mengenai hal apa saja yang akan dilakukan seandainya kami memiliki uang 1 Miliar rupiah ditangan.

dan bagi mahasiswa yang dapat membuat list terbanyak akan diberi prize Rp 20.000,-, Lumayan buat anak kost makan dua hari. 😄

Kami pun berlomba-lomba menuliskan apa yang akan dilakukan jika memang suatu saat nanti hal tersebut menjadi kenyataan didepan mata. Pikiran saya mulai liar. Beberapa impian yang memang sudah lama saya lock hanya sebatas pada impian seakan berebut keluar untuk diprioritaskan dalam realisasinya. Dan beberapa ide yang saya paksa keluar untuk memenuhi tantangan "paling banyak" pun tak mau kalah untuk dilist.

Jadilah 13 poin to-do-list dalam 15 menit. Mengapa sedikit sekali? Karena otak saya terpaku dengan kata-kata "jika memiliki uang sebesar 1M". Ya pikiran ini terkungkung terbatasi oleh nominal tersebut. Diakhir sesi pemateri mengatakan bahwa

 jangan mau impian kita dibatasi oleh kata-kata orang lain. 

Yang mengatakan bahwa kita tidak akan mampu menembusnya. Itu salah besar. Kita adalah apa yang kita pikirkan. Keep dreaming and reach it someday :)


 Disin saya mau sedikit share 13 poin yang saya buat, terutama untuk diri saya dimasa yang akan datang. Hei, saya! Perhatikan ini baik-baik! Saya sadar bahwa impian ini membutuhkan uang lebih dari 1 Miliar rupiah. Bahkan lebih dari sekedar materi sebagai modal. Tapi bagaimana impian ini tidak terhapus zaman sehingga akan menjadi cambuk yang tak akan pernah berhenti hingga kita mendapatkannya.
1. Naik haji sekeluarga
2. Investasi ke beberapa perusahaan dengan kondisi stabil dan ROI tinggi
3. Membeli pesawat pribadi (plus pilotnya) untuk mengunjungi sudut-sudut lain dunia

interior of my private aircraft ^_^


4. Mendirikan sekolah gratis dengan kualitas yang tidak kalah dengan sekolah berbayar
5. Membangun infrastruktur desa asal
6. Membantu perbaikan musholla di jurusan-jurusan
7. Menabung untuk pendidikan yang baik bagi anak kelak
8. Menghadiri pameran Hi-Tech di negara manapun dia diselenggarakan
9. Membangun beberapa usaha untuk mempertahankan perputaran uang
10. Membuka salon khusus muslimah (untuk kecantikan fisik dan ruhani) :)
11. Membangun rumah pintar berbasis AI (artificial intelligent)
12. Membeli 51% saham Microsoft.corp (money will work for me, not me work for money he he maunyaaa)
13. Mendirikan stasiun TV pribadi, karena saya yakin media termasuk salah satu penggerak massa yang efektif efisien

aamiin aamiin aamiin :)

Bagaimana dengan list mu? 😊

 

0 komen:

Post a Comment

Back to Top