0

PROXY in action

halaman ke sembilan-puluh-tujuh. tepatnya pada buku "Profil 50 Entrepreneur Kampus ITS". anda akan menemukan "PROXY.Corp" tercetak dengan warna jingga semi-muda, font Times New Roman, size 40. sebuah nama yang sempat terlahir ke dunia. representasi keinginan kuat dua orang mahasiswa yang ingin mencoba keluar dari zona aman. bersama dengan 29 "perusahaan" lainnya, kami yang masih tercatat sebagai mahasiswa di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya ini telah melewati seleksi untuk akhirnya dapat berbagi sedikit pengalaman mengenai usaha kami.


berawal dari sms seorang teman yang dia forward dari dosen di jurusannya. SMS dengan pengirim awal pak Suharjupri tersebut berbunyi yang intinya: dalam rangka dies natalis ITS yang ke-50, rektorat berniat
 menerbitkan sebuah buku yang memuat profil para mahasiswa enterpreneur. tujuannya adalah untuk mengcapture semangat muda para mahasiswa dalam berwirausaha mandiri dan dapat menjadi contoh bagi temannya yang lain. para calon diharuskan mengirimkan narasi mengenai bagaimana mereka mulai merintis usaha dan menjalankannya hingga sekarang, jenis usaha yang dilakukan, kendala selama melakukan usaha dan pendapatan yang diperoleh. awalnya saya tidak yakin, kala itu umur PROXY baru menginjak bulan ke enam. masih sangat mentah. tapi dorongan dari berbagai pihak akhirnya berujung pada terkirimnya profil usaha PROXY ke e-mail yang sudah ditentukan. hmm... masih ada tahap seleksi yang harus dilewati, tapi setidaknya kami sudah memenuhi keinginan teman-teman untuk berkontribusi mengirimkan e-mail tersebut :)

cukup lama tak ada kabar hingga suatu hari kami menerima SMS. pihak penyelenggara menyatakan bahwa profil PROXY layak terbit. alhamdulillah. selanjutnya adalah rangkaian proses yang harus kami ikuti sebagai bagian dari penyelesaian proyek buku tersebut. mulai dari fiksasi pendapatan per bulan, jadwal foto, dan jadwal shooting film dokumenter. untuk kegiatan yang saya sebutkan terakhir ini tidak dapat saya ikuti karena sedang melakukan Kerja Praktek di Jakarta. walhasil, jadilah teman ku sendiri melakukan shooting perdananya dalam sebuah film. (he piss fy).

rentang waktu antara shooting pengambilan gambar dengan terbitnya buku bahkan lebih lama daripada ketika kami mengirim email sampai adanya konfirmasi lolos seleksi. sampai kami berfikir, mungkin proyek ini berhenti ditengah jalan. baru saja beberapa minggu kemarin, berita yang ditunggu datang juga. kami bisa mendapatkan buku tersebut dengan memesannya kepada salah satu teman mahasiswa yang memang bertugas mendistribusikannya. tak panjang kata, buku itu akhirnya berpindah ketangan kami. dan disanalah PROXY. halaman ke sembilan-puluh-tujuh. tepatnya pada buku "Profil 50 mEntrepreneur Kampus ITS". salam entrepreneur! keep moving forward :)

0 komen:

Post a Comment

Back to Top